Rektor IAIN Ingin Datangkan Presiden Jokowi

  • Whatsapp

LERE, MERCUSUAR  – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menyatakan bahwa panitia lokal Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) dan IAIN Palu telah menyiapkan konsep surat terkait rencana menghadirkan Presiden Jokowi pada pembukaan AICIS XVIII di Palu, 17-21 September 2018.

“AICIS akan direncanakan dibuka oleh Presiden Jokowi, yang saat ini administrasi dan persiapan menghadirkan presiden telah disampaikan kepada Kementerian Agama. Untuk ditindak lanjuti oleh Kemenag,” kata Prof Sagaf pada rapat persiapan di Yogyakarta, Kamis (19/4/2018), sebagaimana rilis Humas IAIN Palu, Jumat (20/4/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  FPPTI Diminta Tingkatkan Kompetensi Pustakawan

Ia menguraikan saat ini persiapan teknis AICIS XVIII  adalah operasional penjemputan tamu yang akan hadir, konsumsi, seremonial pembukaan, serta gedung dan ruangan yang digunakan untuk panel diskusi. “Persiapan-persiapan teknis ini telah disiapkan yang juga melibatkan steering committe dari pusat, serta tim teknis dari Kementerian Agama. Termasuk IAIN Palu telah membangun kerjasama dengan Pemkot Palu dan Pemprov Sulteng sekaitan dengan AICIS 2018,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag,  Kamaruddin Amin menyatakan perlu ada inovasi-inovasi panitia, sehingga AICIS harus lebih dipromosikan kepada masyarakat luas, tidak hanya terbatas pada komponen PTKIN. Ia mengakui bahwa sejauh ini AICIS yang merupakan salah satu kegiatan berskala nasional dan internasional di Kemenag, belum membuming di masyarakat. Kegiatan ini belum dikelola secara proporsional dalam bidang promosi, publikasi.  “AICIS ini melibatkan ratusan guru besar, ahli dan pakar, tokoh-tokoh yang tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Namun belum terkelola secara proporsional dalam bidang promosi,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :  Terima Kunjungan M1G, Farid Podungge: Mari Kita Jaga Silaturahmi Sesama Anak Bangsa

Kamaruddin Amin mengaku setuju dengan rencana panitia AICIS XVIII menghadirkan Presiden Jokowi untuk membuka kegiatan skala nasional dan internasional tersebut. Karena itu, kata dia, pihaknya akan melakukan follow-up atas rencana panitia dan tuan rumah penyelenggara AICIS XVIII, agar Jokowi dapat hadir di Kota Palu. Presiden Jokowi direncanakan dihadirkan untuk menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi AICIS XVIII tahun 2018, pada 18 September.

AICIS diharapkan dapat menghadirkan pakar, tokoh dan ahli dari berbagai negara yang dapat merepresentasikan studi Islam. “Setidaknya menurut saya ada empat sentral studi Islam di dunia ini. Misalkan timur tengah, Iran, Eropa dan Amerika, serta Pakistan dan India,” ungkap Kamaruddin. DAR/*

Baca Juga