Rubalang Ajak Anak Pesisir keliling Palu

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Komunitas Rumah Bahari Gemilang (Rubalang) mengajak anak pesisir yang berusia SMP sederajat, untuk berkeliling kota palu melalui program Jelajah Asa 2018.

Jelajah Asa merupakan program pertukaran pelajar pesisir berusia SMP sederajat, dengan konsep merantau ke kota, untuk mendekatkan diri dengan pusat kemajuan pembangunan. Harapannya kemudian, adalah agar generasi pesisir dapat bangkit, optimis, dan berdaya.

Berita Terkait

Ketua komunitas Rubalang, Adi mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Komunitas Tangan di Atas (TDA) Palu, melalui program Jelajah Asa 2018, memberikan edukasi ke anak – anak pesisir ini, yang dihelat dari 3 – 5 Mei 2018, dengan beberapa agenda, antara lain Orientasi, Gala Dinner, Seminar Nasional Kebangkitan Bangsa, Program Utama Kunjungan, serta Festival Kreasi.

Pilihan Redaksi :  Alami Kenaikan Kasus COVID-19, Pemda Diminta Tingkatkan Kepatuhan Prokes

“Satu hal yang juga menarik dalam agenda orientasi, adalah agenda deklarasi aktivitas, di mana masing-masing peserta orientasi akan memaparkan aktifitas atau komitmen, terkait apa yang akan mereka lakukan pada adik-adik pesisir peserta Jelajah Asa,” kata Adi, Kamis (3/5/2018).

Sebelumnya, sejak tanggal 28-29 April 2018, telah berlangsung agenda orientasi untuk Family Jelajah Asa dan Kakak Jelajah Asa, yang dilaksanakan di Aula Pegadaian Kota Palu dan Aula SMP Otak Kanan Kota Palu.

Orientasi sendiri merupakan agenda awal yang akan dilakukan di Jelajah Asa, dengan tujuan untuk mengembangkan potensi dasar personal, dalam hal ini keterbukaan diri, keaktifan diri, manajemen komitmen, dan management keterlibatan, selama program Jelajah Asa berlangsung. Program ini akan diikuti oleh Family Jelajah Asa, Kakak Jelajah Asa, dan Anak Pesisir Jelajah Asa.

Pilihan Redaksi :  Dies Natalis ke-14 FMIPA Untad, Semangat Resiliensi di Era Industri 4.0

Agenda orientasi diisi oleh beberapa agenda materi untuk Family, yakni mengenal lebih dekat program Jelajah Asa serta Pola Pengasuhan Keluarga Masa Depan. Kemudian untuk Kakak Jelajah Asa, berisi materi Mengenal Jelajah Asa, Ketahanam Bangsa, dan Self Leadership.

Kemudian peserta Orientasi masing-masing ada 25 Family Jelajah Asa di Kota Palu dan 25 Kakak Jelajah Asa yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Palu.

Saat ini, anak – anak peserta Jelajah Asa dikumpulkan di Asrama Haji Transit Palu, sambil diberikan edukasi dari beberapa narasumber, yakni dari Dinas Pendidikan Kota Palu, Pemprov Sulteng, perbankan, dan lain – lain. UTM

Baca Juga