Serahkan Bantuan Baju Hazmat di Labkesda

  • Whatsapp
Sapma Sulteng

BESUSU BARAT, MERCUSUAR – Satuan Pelajar, Siswa dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Sulawesi Tengah melakukan aksi sosial dengan menyumbangkan 15 pasang alat peindung diri (APD) baju hazmat untuk tenaga kesehatan di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Sulteng di Jalan Undata, Kelurahan Besusu Barat.

Koordinator Aksi Sosial Sapma PP Sulteng, Huala Tobing, mengatakan, inisiatif tersebut berangkat dari keinginan para anggota untuk berpartisipasi membantu Pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Walaupun tidak seberapa, kata dia, setidaknya dapat dimanfaatkan untuk keselamatan tenaga medis.

“Urgensinya sebenarnya ada pada spot pasien, namun kami menilai, di kawan-kawan kami tenaga medis disini laboratorium sampel juga perlu. Mereka kontak dengan orang yang membawa sampel, mungkin saja sudah aktif di ruang isolasi pasien positif. Itu sangat rentan, mereka disini juga bisa tertular,” tuturnya, Kamis (14/5/2020).

Dia melanjutkan, bantuan yang diberikan yakni 15 paket pakaian hazmat yang merupakan hasil sumbangsih dan inisiatif dari kawan-kawan yang aktif memperhatikan perkembangan covid-19 di Sulteng.

“Dengan adanya laboratorium ini, semoga mobilisasi hasil swab makin cepat ketahuan dan cepat pula di carikan solusi pencegahan penyebaran virus corona,”ujarnya.

Dikatakanya, saat ini, pihaknya sangat aktif memantau perkembangan untuk menyimpulkan tindakan selanjutnya harus direalisasikan. Sebab, partisipasi sekecil apapun dari lintas stakeholder akan sangat membantu penanganan Covid-19 di Kota Palu dan Sulteng.

Sementara itu, Kepala UPT Labkesda Sulteng, Rudianto menyampaikan apresiasi kepada Sapma PP Sulteng atas bantuan tersebut.

“Bantuan ini akan dimanfaatkan secara maksimal di Labkesda Sulteng,” ucapnya. SR

Baca Juga