Siswa SMPN 19 Palu Belajar Jurnalistik

  • Whatsapp
HLL

PALU, MERCUSUAR – Puluhan siswa SMPN 19 Palu mengikuti pelatihan dan pembelajaran dasar-dasar jurnalistik, yang diberikan langsung sejumlah wartawan yang tergabung dalam Press Room Disdikbud Kota Palu, Jumat (3/8/2018).

Pelatihan itu sangat baik untuk menambah pengetahuan para siswa di bidang jurnalistik, apalagi mereka dibimbing langsung para wartawan yang sehari-hari berkecimpung di bidang jurnalistik. Makanya para siswa terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ratusan Penyandang Disabilitas Meriahkan Jalan Santai

Kepala SMPN 19 Palu, Ilman Usman mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada para wartawan, yang telah memberikan materi pembelajaran jurnalistik kepada para siswa.

“Kami berupaya agar kegiatan ini bisa diterapkan di sekolah, sehingga para siswa lebih mudah membuat berbagai tulisan, mulai dari berita, cerpen hingga tulisan karya ilmiah, yang tentunya sangat dibutuhkan di sekolah,” katanya.

Para siswa tersebut, awalnya diberikan materi di dalam kelas tentang bagaimana cara meliput dengan baik dan benar. Setelah itu, mereka diberikan kesempatan menjadi wartawan sehari di lingkungan sekolah. Mereka terlihat langsung bisa memberikan pertanyaan kepada narasumber yang telah ditentukan.

“Kami melihat banyak perkembangan dalam wawancara para siswa, hanya saja kami belum bisa memastikan, apakah para siswa ini sudah bisa menulis berita atau tidak, sebab proses menulis berita itu terlihat berat karena harus mengandung unsur 5W + 1H,” terangnya.

Pilihan Redaksi :  Program TP PKK Memerlukan Dukungan Pemda

Kedepannya, pembelajaran jurnalistik ini akan dimasukan di ekstrakulikuler, sebagai bahan pembelajaran siswa setiap minggunya. UTM

 

Baca Juga