Wawali: Pramuka Wadah Pembinaan Generasi Muda

  • Whatsapp
PENGUKUHAN- Pengukuhan Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said sebagai Mabicab Kota Palu, yang berlangsung di Kampung Kaili, Kelurahan Besusu Barat, Sabtu (26/5/2018). FOTO: ANDI BESSE/MS

BESUSU BARAT, MERCUSUAR– Gerakan Praja Muda Karana atau Pramuka khususnya di Kota Palu diharapkan mampu menjadi wadah untuk pembinaan dan pengembangan generasi muda.

Demikian dikatakan, Wakil Wali kota Palu, Sigit Purnomo Said saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Palu, usai pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kota Palu periode 2017-2022, Sabtu (26/5/2018) di Kampung Kaili, Kelurahan Besusu Barat.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Irwan Lapatta Didorong Jadi Calon Gubernur Sulteng

Oleh karena itu, Wawali yang juga merupakan Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Palu ini menyatakan Pramuka harus berlandaskan sistem among dengan mengamalkan dan memegang teguh Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Penting kita pahami dan sadari bersama, bahwa tugas mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, melainkan merupakan tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Ia mengatakan pembinaan dan pengembangan generasi muda tersebut agar menjadi profil generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, serta diharapkan mampu mengisi dan membawa amanah kemerdekaan demi kesinambungan pembangunan nasional dan kehidupan republik yang dicintai ini.

“Marilah jalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, karena hal ini merupakan suatu pertanggungjawaban kepada masyarakat. Baik secara individu terlebih lagi bagi perkembangan dan kemajuan organisasi Pramuka itu sendiri,” tandasnya.

Pilihan Redaksi :  Alami Kenaikan Kasus COVID-19, Pemda Diminta Tingkatkan Kepatuhan Prokes

Prosesi pelantikan dan pengukuhan tersebut berlangsung tiga tahap. Pertama, Kwartir Daerah melantik jajaran Mabicab, kemudian Wawali melantik dan mengukuhkan jajaran Kwartir Cabang, selanjutnya Ketua Kwartir Cabang melantik dan mengukuhkan jajaran DKC Gerakan Pramuka Kota Palu.ABS

Baca Juga