Potensi Kinerja Perdagangan Sulteng Melalui Optimalisasi Hubungan Kelembagaan

  • Whatsapp
IMG-20210504-WA0012
Robby F. Nuraga, S.Sos., M.Si

Oleh: Robby F. Nuraga, S.Sos., M.Si

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan dikemudian hari karena letak wilayahnya sangat strategis yakni berada dibagian tengah pulau Sulawesi.

Berita Terkait

Potensi wilayah strategis tersebut, memungkinkan terjalinnya hubungan-hubungan ekonomi yang intens dan berkelanjutan karena akses yang mudah dan relatif cepat untuk menjangkau seluruh wilayah provinsi lainnya yang ada di pulau Sulawesi.

Gagasan untuk kemajuan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah tidaklah berlebihan, dimana potensi sumber daya alamnya sangat prospektif dan beragam dalam rangka untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan daerah.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah merilis kelompok komoditas unggulan (Tahun 2019) adalah besi dan baja sebesar 4.402.06, bahan bakar mineral 1.121.87, bahan kimia anorganik 185.51, bijih/kerak dan abu logam 113.39, kakao (coklat) 16.92, berbagai produk kimia 12.11, kayu/barang dari kayu 9.18, ikan dan udang 8.67, lemak dan minyak hewan/nabati 8.34, lak/getah dan damar 4.38.

Selain itu, sumber data lainnya menyatakan bahwa potensi sumber daya alam provinsi Sulawesi Tengah yaitu produk kehutanan terdiri atas 11 komoditas, juga terdapat komoditas lainnya seperti sayuran, tembakau, cengkeh dan karet.

Kemajuan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah diperkirakan dapat melampaui Provinsi lainnya yang ada di wilayah regional pulau Sulawesi karena ternyata Provinsi Sulawesi Tengah memiliki luas wilayah paling besar yakni 61.841.29 Km2 dan potensi lahan yang masih dapat dimanfaatkan secara maksimal adalah seluas 942.206 Ha (sumber: Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, 2020).

Terkait dengan kegiatan pemanfaatan sumber daya (alam) yang ada di Indonesia termasuk pada Provinsi Sulawesi Tengah adalah bagian dari tugas Negara yang termanifestasi dalam program dan kegiatan Pemerintah. Bahwa tugas Negara tersebut termaktub dalam UUD Negara RI Tahun 1945 alinea ke 4 yang berbunyi : melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan KESEJAHTERAAN UMUM mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Karena itu, kedudukan kelembagaan Pemerintah (Daerah) dan hubungan-hubungan kelembagaan menjadi penentu dalam mewujudkan potensi kinerja perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah.

Halaman Selanjutnya

HUBUNGAN KELEMBAGAAN…

Baca Juga