Palu Raih Predikat Juara Lansia Teladan

  • Whatsapp

TALISE, MERCUSUAR- Wakil Wali Kota Palu,  Sigit Purnomo Said, selaku Ketua Komda lanjut usia (Lansia) Kota Palu, menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Lansia XXII Tingkat Propinsi Sulteng Tahun 2018 di Luwuk Kabupaten Banggai, didampingi Plt. Kadis Sosial Kota Palu, Imran,  SE., M.Si dan Ketua TP-PKK Kota Palu Irmawati Hdayat,  S. IP, Senin (30/4/2018). Pada kegiatan itu, Kota Palu meraih penghargaan sebagai juara lansia teladan.

Wawali mengatakan, Komda Lansia Kota Palu meraih juara lansia teladan yakni Peduli Lansia kategori laki-laki dan busana adat daerah lintas generasi, dua kategori ini Kota Palu urutan pertama, sehingga tentunya menjadi kebangaan, Kota Palu terlebih khusus wawali selaku Ketua Komda Lansia Kota Palu.

Pilihan Redaksi :  Anak Disabilitas Diajak Bergembira

Berita Terkait

Dia mengatakan, betapa negara telah memberikan suatu keistimewaan kepada para orang tua di seluruh Indonesia melalui hari khusus dalam satu tahun dengan menetapkan peringatan Hari Lansia yang jatuh setiap 30 April.

“Saya memberikan apresiasi kepada kontingen Lansia Kota Palu yang tampil dengan membawa puisi kolaborasi beda generasi yang mempunyai makna bahwa betapa mulia hati orang tua kita,  yang telah melahirkan,  merawat,  mengasuh,  mendidik,  menanamkan nilai-nila kebaikan sehingga kita semua dapat merasakan hasil yang membanggakan bagi mereka,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Bentuk Hukum BUMD Kota Palu akan Direvisi

Bertemu dengan bapak/ibu Lansia hari ini begitu menyenangkan, kata Sigit  karena diusia 70-an ini masih terlihat semangat dgn kekuatan yang masih prima mengikuti berbagai kegiatan terutama parade puisi oleh Lansia Kota Palu yang dengan kemampuan daya ingat menghafal bait demi bait puisi.

“Belum tentu usia muda kita saat ini juga dapat melakukannya. Luar biasa,” ungkapnya.

Untuk itu,  Sigit akan mengusulkan kepada Pemerintah Pusat melalui Direktur Kesejahteraan Lanjut Usia untuk meninjau/ mengkaji kembali pemberian nama Lansia, karena istilah ini mengandung makna seolah-olah ada pengelompokan tertentu bagi para orang tua kita.

“Seandainya berkenan di rubah menjadi orang tua kita tersayang, tercinta,  atau nama lain yg dapat menyejukan hati kita semua,” singkatnya.

Pilihan Redaksi :  Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ratusan Penyandang Disabilitas Meriahkan Jalan Santai

Acara ditutup oleh Direktur Kesejahteraan Lansia Kemensos RI Drs. Andi Nindito, M.Si. Hadir pula Gubernur Sulteng yang diwakili Kadis Sosial Provinsi Sulteng,  para Wabub  Sigi, Balut, Touna,  Bangkep, Morowali Utara dan Banggai sebagai tuan rumah serta Ketua Harian Komda Lansia Propinsi Sulteng H. Azwar Syam. Untuk pelaksanaan Hari Lansia XXIII Tahun 2019 sebagai tuan rumah adalah Kabupaten Sigi. ABS

Baca Juga