Sampah di TPS Mulai Terangkut

  • Whatsapp

LOLU SELATAN, MERCUSUAR- Sejak Selasa (19/6/2018) kemarin, sejumlah petugas kebersihan mulai melaksanakan rutinitasnya mengangkut sampah yang telah menggunung hampir di semua tempat pembuangan sampah sementara (TPS), tak terkecuali tempat sampah di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Lolu Selatan.

Berita Terkait

Pantauan di lapangan, petugas harus bekerja lebih ekstra mengangkut sampah di setiap bak pembuangan sampah yang ada, karena volume sampah yang diangkut mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

Pilihan Redaksi :  Masyarakat Diminta Petuhi Prokes, Gubernur: Kita Bersama Bantu Bangsa dan Negara

Biasanya lama waktu pengangkutan tumpukan sampah ke truk pengangkutan sampah pada pembuangan sampah di ruas jalan Monginsidi, hanya memakan waktu singkat atau sekira 25 menit, namun kini upaya petugas mengangkut sampah memakan waktu yang lumayan lama, bahkan kemungkinan bisa sampai ber jam-jam.

Sebelumnya, sehari sebelum hari Lebaran  Idul Fitri 1439 H, volume sampah di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) dan bak-bak sampah yang ada di sejumlah pinggir jalan meluber hingga keluar, penyebabnya karena warga membuang sampah di luar jam yang ditentukan serta karena libur lebaran, maka tumpukan-tumpukan sampah itu hingga Minggu (17/6/2018) belum juga terangkut.

Mobil armada kebersihan, pada malam lebaran telah melaksanakan tugas untuk membersihkan sampah di dua pasar yakni Pasar Manonda dan Pasar Masomba, setelah petugas kebersihan libur sampai Senin (18/6/2018), maka penumpukan sampah menjadi meningkat jumlahnya.

Pilihan Redaksi :  Dukung Pariwisata Sulteng, Puluhan Peserta Ikuti English For Tourism

Seperti yang terlihat di seputar Palu Plaza yang dijadikan lokasi Pasar Lentora, dalam kesepakatan awal telah dibentuk panitia yang bekerjasama DLH untuk menangani sampah, namun sampai Minggu (17/6/2018) pagi sampah masih terlihat, sehingga pihak Kelurahan Siranindi turun membersihkan sampahnya, sebab telah dikeluhkan oleh sejumlah warga, begitupun juga di seputara kompleks Pertokoan Hasanuddin.

Kabid Persampahan dan Limbah B3 DLH Kota Palu, Mohammad Iqbal meminta, agar masyarakat bisa memaklumi kondisi itu, sebab petugas kebersihan masih dalam rangka liburan, dan setelah petugas selesai libur, maka akan diupayakan untuk dibersihkan seluruhnya.

“Kami juga memberi kesempatan kepada petugas pengangkutan sampah melaksanakan lebaran Idul Fitri bersama keluarga. “Senin (hari ini) akan di mulai pengangkutan untuk seluruh armada angkutan,” ujarnya. AMR

Pilihan Redaksi :  Spesialis Pembongkar Sadel Motor Dibekuk

 

Baca Juga