Tolak Diplomatik dengan Israel

  • Whatsapp
PEDULI PALESTINA - Puluhan orang dari perwakilan ormas, lembaga kemahasiswaan dan personal memperingati Yaumul Quds di Jalan Sam Ratulangi, tepat di depan Gedung DPRD Sulteng dan kantor Gubernur Sulteng, Jumat (8/6/2018) sore. Yaumul Quds digelar pada Jumat terakhir Ramadan. FOTO: INDAR ISMAIL/MS

BESUSU BARAT, MERCUSUAR  – Puluhan  orang menggelar peringatan Yaumul Quds di Jalan Sam Ratulangi, tepat di depan Gedung DPRD Sulteng dan kantor Gubernur Sulteng, Jumat (8/6/2018) sore.   Dalam aksi Solidaritas Peduli Palestina  ini, mereka  menolak wacana pemerintah RI  melakukan hubungan diplomatik dengan Israel, meskipun dengan alasan demi membela Palestina.

Disebutkan, adanya hubungan diplomatik  itu sama saja dengan memberi pengakuan terhadap Israel dan apa saja yang telah dilakukan selama ini.  Massa juga  menolak opsi adanya dua negara, yakni Negara Israel dan Negara Palestina. Hanya ada Negara Palestina di Tanah Palestina.   Ketiga, Pemerintah Indonesia dan dunia harus  membawa kasus kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Zionis Israel ke Pengadilan HAM Internasional.  Israel telah banyak membunuh rakyat Palestina yang tak berdosa, dan mencaplok tanah dan mengusir rakyat Palestina. Bahkan mereka melakukan hal yang sama terhadap jurnalis, tenaga medis dan para pekerja kemanusiaan.

Pilihan Redaksi :  Tim ISO Lakukan Surveillance Audit ISO UPT Perpustakaan, FMIPA dan LPPM Untad

Berita Terkait

Untuk menyita perhatian pengendara, selain membagikan selebaran, peserta aksi antara lain membagikan replika bunga sebagai tanda solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina. Peserta juga membentangkan spanduk penolakan terhadap Israel dan dukungan bagi kemerdekaan Palestina. Polisi sempat menutup akses kendaraan menuju gedung DPRD  Sulteng beberapa saat.

Nampak memberikan orasi sejumlah perwakilan, antara lain dari Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Sulteng, Sapma Pemuda Pancasila Kota Palu,  Ijabi Sulteng, ABI Sulteng, HMI MPO Cabang Palu, Itrah, perwakilan lain dari elemen mahasiswa, dan tokoh muda Dedi Irawan.

Pilihan Redaksi :  Desember, Bantuan UMKM Bakal Disalurkan

Diketahui, Jumat terakhir di bulan Ramadan adalah momen untuk memperingati Alquds atau hari dimana diadakan demonstrasi terhadap rezim Zionis Israel di berbagai negara. Alquds yang juga berarti kudus atau suci adalah nama lain dari Yerusalem.   Seruan peringatan Alquds ini bukan saja disambut positif oleh ummat Islam, namun juga oleh penduduk dengan latar belakang suku, agama, ras, dan antargolongan yang berbeda dari berbagai belahan dunia yang bersimpati kepada Palestina. DAR

 

 

Baca Juga