Tangan Dingin Syamsuddin di Sepak Bola Nasional Usia Dini

  • Whatsapp
pelatih juara-4087c911
Foto : Syamsuddin ketika sedang mengarahkan pemainnya di turnamen Piala FOSSBI nasional. FOTO: IKHSAN MADJIDO

PALU, MERCUSUAR- Juara satu, dua atau tiga hanyalah sebuah angka. Untuk berada di posisi itu dibutuhkan  kerja keras  dalam latihan, dan di tangan pelatih, strategi dan taktikal harusnya bisa diterjemahkan anak didik ketika sedang  bertanding.

Tapi, kadangkala  tangan dingin pelatih menjadi faktor x yang justru tak ada dalam ilmu kepelatihan  Lisensi D Nasional, C AFC maupun A AFC dan A AFC Pro. Lalu, apakah di balik  juara ketiga yang diraih tim FOSSBI Sulawesi Tengah ada tangan dingin seorang coach Syamsudin ?.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Liga TopSkor Sulteng, Sulteng Akan Kirim Empat Wakil Ke Nasional

Paling tidak, Syamsudin sudah membuktikan bahwa di level Sepak Bola nasional, tangan dinginnya  sudah menghasilkan dua gelar juara, yakni Juara 3 FOSSBI Nasional 2022 dan  Jauh sebelumnya, pelatih 52 tahun ini juga pernah berjaya  di turnamen Indonesia Farmel Cup 2019  dengan membawa SSB Sinar Baiya U13 sebagai kampiun.

Saat itu, di babak final yang digelar di Lapangan ABC Kompleks GBK Jakarta, SSB Sinar Baiya U13 menaklukkan tim unggulan Farmel Red Tangerang dengan skor 2-1.

Faktor X Inilah yang  mungkin membawa tim FOSSBI Sulawesi Tengah bisa membawa pulang piala juara ketiga dari turnamen Piala FOSSBI tingkat nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat

Juara, pasti menjadi impian  pelatih Sepak Bola di manapun. Tapi, tak semua pelatih  merasakan bagaimana senangnya bisa juara, apalagi  kalau juara  yang levelnya nasional. Dan Syamsudin sudah membuktikan dua gelar juara di kelompok usia dini menjadi bukti kalau dirinya punya sisi positif membawa tim di level nasional . CLG 

Baca Juga