Pemantauan Instrumen PAUD HI Lewat HP

  • Whatsapp
DALAM mendukung literasi teknologi, Dikbud Kabupaten Parmout memanfaatkan Handphone (HP) Android untuk melakukan pemantauan terhadap ketercapaian penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif. FOTO: IST

PARMOUT,MERCUSUAR – Dalam rangka mendukung literasi teknologi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) memanfaatkan Handphone (HP) Android untuk melakukan pemantauan terhadap ketercapaian penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI).

Berita Terkait

Dinas Dikbud bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) memanfaatkan  sebuah aplikasi Open Data KIT (ODK) Collect. Melalui aplikasi ini, Kepala Satuan PAUD dapat mengisi formulir kosong instrumen yang terdapat dalam menu aplikasi, kemudian di dalamnya pengelolah dapat mengisi capaian indikator PAUD HI secara jujur. Selanjutnya dari aplikasi itu dapat terbaca berapa persen capaian indikator PAUD di satuan lembaga masing-masing.

“Penggunaan ODK Collect ini sudah disosialisasikan di Kecamatan Mepanga sebagai salah satu sampel untuk uji coba,” ujar Kepala Bidang PAUD Dikmas, Nurlina.

Penggunaan aplikasi tersebut kata dia, untuk mempermudah pemantauan capaian indikator PAUD. Contohnya  untuk mengukur satu Kecamatan Mepanga hanya membutuhkan waktu satu hari.

“Dalam satu hari jika semua kepala sekolah mengisi formulir dalam aplikasi dan mengirimkan kembali. Maka pada hari yang sama dapat segera diketahui presentasi capaian. Ini akan mempermudah proses pemantauan dan pendampingan terutama pada lembaga PAUD yang capaiannya rendah ,” jelasnya.

Harapannya, aplikasi ini akan mempercepat proses pemantauan dan evaluasi capaian PAUD HI yang kedepan akan digunakan di seluruh Kabupaten Parigi Moutong. Hasil ini akan dijadikan dasar dalam perencanaan percepatan pencapaian.

Maria Andoriati, selaku instruktur dalam pelatihan penggunaan aplikasi ODK Collect menjelaskan, penggunaan aplikasi ini  mengefisienkan waktu dan menghemat kertas yang biasanya digunakan untuk mengisi instrumen. TIA

Baca Juga